twitter
    Find out what I'm doing, Follow Me :)

Prof Dr Din Syamsudin: Perpustakaan Harus Jadi Ruh Perguruan Tinggi

PURWOREJO, Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Prof Dr Din Syamsudin, MA menegaskan, perpustakaan harus menjadi ruh di lembaga perguruan tinggi di lingkungan Muhammadiyah. Sebab pengembangan ilmu dan teknologi lebih banyak bersumber dan digali dari buku-buku literatur. Hal itu ditegaskan Din Syamsudin Sabtu siang saat meresmikan gedung A-4 Universitas Muhammadiyah Purworejo.

Menurut Din, mengingat pentingnya literatur bagi pengembangan ilmu dan teknologi, diharapkan para Rektor perguruan tinggi Muhammadiyah mengalokasikan anggaran yang besar bagi pengembangan perpustakaan. "Rektor jangan hanya mengutamakan kemegahan fisik gedung, tetapi tidak memberi perhatian pada perpustakaan," ujarnya.

Din menceritakan pengalamannya ketika dulu hendak menimba ilmu di Amerika Serikat. Sebelum menentukan perguruan tinggi yang akan dimasuki, ia dihadapkan pada dua pilihan. Memilih perguruan tinggi yang memiliki profesor terbaik atau perguruan tinggi yang memiliki perpustakaan terbaik. "Saya memilih perguruan yang perpustakaannya terbaik," tandas Din.

Ketua PP Muhammadiyah juga mengharapkan dalam pengembangan perpustakaan, PT di lingkungan Muhammadiyah juga agar bekerjasama dengan lembaga-lembaga internasional seperti Ford Foundation. Melalui kerjasama itu bisa digali pendanaan untuk pengembangan perpustakaan dan pengadaan literatur yang sangat dibutuhkan oleh sivitas akademika.

Sementara itu Rektor Universitas Muhammadiyah Purworejo M Fakhrudin menjelaskan, gedung A-4 dibangun di atas tanah seluas 1.200 m2 dengan dana sebesar Rp 3,2 M. Bangunan tiga lantai itu kini makin menambah megah kampus UM Purworejo yang terletak di kawasan Jl KHA Dahlan.

0 komentar:

Posting Komentar